Senin, 14 Juni 2010

MACAM-MACAM TREATMENT PADA BATU MULIA SAPPHIRE

Sapphire yang banyak beredar sekarang di pasaran telah mengalami treatment di laboratorium dan sangat susah mendapatkan sapphire tanpa treatment dan yang benar-benar natural,bila ada harga perkaratnya bisa mencapai 10 juta per carat tergantung dari kualitasnya.
Pada dasarnya sapphire-sapphire yang didapatkan dari tambangnya tidak memiliki warna yang pucat clarity yang kurang bagus,hanya 1% peluang mendapatkan sapphire yang memiliki warna dan klarity yang bagus dan jika ada harganya sangat mahal.

dan dibawah ini akan saya sebutkan macam-macam treatment yang biasa diterapkan pada sapphire

1.Heat : treatment yang disetujui dan banyak diterapkan pada batu sapphire adalah heat treatment, heat treatment dilakukan untuk mempercantik tampilan batu sapphire,dan treatment ini sudah dipakai dari zaman dahulu

2.Diffusion : treatment ini digunakan pada sapphire dengan cara menambahkan bahan kimia khusus atau yang mirip dengan susunan kimia sapphire dan dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi,dan menghasilkan warna sapphire yang lebih tajam dan kuat, treatment ini juga biasa digunakan untuk memunculkan efek "starism" pada sapphire dengan bentuk cabochon atau bulat. treatment ini kurang disetujui oleh ahli-ahli gemology karena "sudah tidak natural". dan dipasaran jika ada dua batu sapphire identik maka sapphire yang terkena diffusion treatment lebih murah harganya dibanding sapphire yang hanya terkena heat treatment,

3.glass filled/flux : treatment ini bisanya digunakan agar klarity sapphire menjadi lebih bagus atau batu terlihat bersih. biasanya sapphire dilubangi untuk memudahkan inclusion pada sapphire dibakar sampai meleleh dan dikeluarkan  dan lubang bekasnya ditutupi dengan bahan kimia crystaline sehingga menhasilkan sapphire yang bersih dan bening seperti kristal, treatment ini memerlukan biaya yang mahal dan kurang disetujui oleh ahli-ahli gemology karena sangat sulit untuk dideteksi

4.synthetic : pada dasarnya syntetic sapphire adalah sapphire asli hanya saja pembentukan batuannya tidak didalam perut bumi dan tidak didapat dari daerah pertambangan melainkan buatan manusia di laboratorium dengan teknologi yang canggih sehingga proses pembentukannya sama seperti di dalam perut bumi.yang menyebabkan sapphire ini tetap dibilang asli adalah susunan kimianya sama dengan sapphire yang didapat dari pertambangan.biasanya para penjual perhisan tidak memakai batu sapphire ini karena mereka menganggap batu sapphire ini sama dengan imitasi.

5.sapphire imitasi : sapphire imitasi banyak beredar di pasaran dan dijual oleh penjual yang "nakal" biasanya sapphire imitasi ini terbuat dari zircon imitasi,spinel imitasi,intinya bukan batu tetapi material berbahan crystalin yang diberi warna biru.

sapphire imitasi
imagebam.com

sapphire yang terkena diffusion untuk memunculkan efek starism
 imagebam.com

sapphire yang terkena heat treatment
imagebam.com

sapphire natural tanpa treatment
imagebam.com

5 komentar:

Anonim mengatakan...

agan agan nyari batu sapphire dan batu permata lainnya harga terjangkau dgn kwalitas terjamin.. silahkan kunjungi http://yenzshop.tokobagus.com/

javagems on 4 Juni 2012 04.41 mengatakan...

Mantap Gan!safir sungguh mempesona!

suhu yan on 9 Februari 2014 07.31 mengatakan...

Hati" dengan batu permata anda yg dikatakan sintetis apalagi batu anda berat caratnya di atas 10 carat. Walaupun zaman sdh canggih namun penciptaan batu permata sintetis pasti ada perbedaan dengan natural alam.
Laboratorium hanya terbatas dan hanya beberapa saja. Laboratorium sendiri akan sulit menilai batu permata sintetis atau natural alam ( baik yg di treat maupun heat ). Batu permata di atas 10 carat adalah syarat utk bisa di jual ke luar negeri. Pilihlah atau cek ke Laboratorium yg jujur dan independen. Menilai suatu batu permata dengan kejujuran yg tinggi. Jika asli dikatakan asli dan jika asli tpi terkena proses treatment juga dikatakan sejujurnya..sedangkan batu sintetis juga dikatakan sejujurnya .
Pengalaman saya
Saya punya batu permata pink sapphire dgn berat diatas 10 carat..tetapi dinilai oleh LAB sebagai sintetis. Saat saya tanya para penilai dan petugas Lab tdk bisa memberi keterangan yg jelas..
Kenapa saya tanyakan lebih lnjut karena pada saat di cek di LAB saya tdk boleh ikut menyaksikan proses pengecekan, wajar kalo saya menanyakan se detail detailnya. Yang saya tdk bisa terima adalah batu permata sapphire saya ber inclusion spider's web dari sri langka. Tetapi dinilai sintetis. Alasannya katanya ada faktor lain yaitu index bias dan pengotor..Bagi gemologi sebuah inclusion natural pastilah batu permata itu berindex bias dan pengotor yg memang sesuai dengan natural alami bukan dibuat" atau dinilai sesukanya . Saya jadi meragukan penilaian Laboratorium tersebut. Saya berpikir jangan" ada kepentingan lain ..salah satunya agar batu permata saya bisa dibeli murah dan nantinya akan dijual ke luar negeri atau di dalam negeri dengan harga berlipat lipat tingginya. Tidak akan mampu inclusion natural alami di buat . Se canggih canggihnya pasti inclusionnya tdk sama dengan yang natural alami.
sebuah laboratorium yang baik seharusnya dilengkapi dgn sebuah alat untuk scan inclusion sebuah batu permata..jadi bisa diyakinkan. Bisa menjadi kepuasan para pecinta batu permata . Dengan dasar teori dan kecurangan kecurangan makanya batu permata di Indonesia tdk berkembang dgn baik. Jika seseorang mengecek batu permatanya alangkah baiknya orang yg punya batu tersebut diajak ikut melihat pengecekannya. Karena bisa memuaskan para pemilik batu permata.
Ukuran index bias nya , pengotornya , inclusionnya dll bisa langsung dilihat oleh si pemilik batu permata. Dengan cara ini sebuah laboratorium batu permata bisa dipercaya dan diminati oleh para pecinta batu permata.

lois galang on 26 Juni 2014 13.37 mengatakan...

Setuju dg pengalaman suhu yan..sy juga punya Safir msih dlm bntuk bahan dari alam,kmn hrus sy Labkan yg benar2 profesional ,yg bukan sprti suhu Yan alami itu..

lois galang on 26 Juni 2014 13.39 mengatakan...

klo boleh tau itu Lab dikota mana...

Poskan Komentar

 

Site Info

Followers

Batu Mulia Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template