Kamis, 17 Desember 2009

CARA MEMBEDAKAN GRADE GIOK

serinkali pada semua hobis batu giok yang ingin membeli giok,tidak tahu cara membedakan giok kualitas A,B,C

maka saya ingin membagi ilmu yang mungkin bisa membantu dalam membeli giok

GIOK A GRADE :

ciri-ciri khusus:

  • bila dalam bentuk gelang coba pukul giok tsb dengan alat pemukul yang terbuat dari kaca atau bisa juga dengan memukulkan batu tsb dengan yang lainnya. seperti membunyikan lonceng,maka bila batu itu mengeluarkan suara berdenting,dan dentingannya tinggi seperti gelas kaca yang dipukul maka giok tsb adalah grade A. cara ini juga yang digunakan untuk membedakan giok asli atau palsu.

  • warna giok grade A adalah ijo tossa seperti dan berwarna dasar putih susu baik tidak transparan ato transparant,seperti gambar ini namun,warna giok ini tidak hanya seperrti gambar ada juga hijau,gelap
Free Image Hosting by FreeImageHosting.net

GIOK GRADE B

  • sama seperti giok grade A tetapi bunyi dentingannya tidak setinggi giok grade A
  • dan untuk warna giok grade B tidak sehijau/pudar/lebih gelap dari pada giok Grade A, seperti gambar
Free Image Hosting by FreeImageHosting.net

GIOK GRADE C
  • sama seperti grade A,B grade C ini juga mengeluarkan bunyi dentingan tetapi biasanya tidak jauh berbeda dengan grade B
  • yang sangat mencolok dari grade C ini adalah warnanya tidak sesegar,dan se adem grade diatasnya coba liat gambar,dan bandingkan..dengan gambar yang diatasnya.
Free Image Hosting

kesimpulan,
GRADE A,B,C TIDAK BISA DIBEDAKAN HANYA DENGAN TIPS" DIATAS MASIH BANYAK FAKTOR PENDUKUNG SEPERTI: KEJERNIHAN,WARNA,STUKTUR PERMUKAAN,

SEHINGGA TIPS YANG SAYA SEBUTKAN DIATAS BERLAKU SECARA GARIS BESAR DAN STANDAR GIOK YANG BIASA DICARI KONSUMEN INDONESIA.
NAMUN PENG GRADE-AN GIOK YANG SESUNGGUHNYA BUKAN DARI WARNA,KARENA BATU GIOK PUN MEMILIKI WARNA YANG SANGAT BERAGAM,MELAINKAN DARI STRUKTUR,KEJERNIHAN,KOMPOSISI WARNA,FRACTURE OF SURFACE,SKIN CHARACTERISTIC,YANG HARUS DILAKUKAN OLEH AHLI GEMOLOGIST.

23 komentar:

SARANG WALET on 9 November 2011 pukul 19.39 mengatakan...

argumen dari kebanyakan para tester mengenai giok asli adalah tahan panas dan tahan gores. menurut anda apa tanggapan anda mengenai hal ini?

Ngerakit KOmputer on 27 September 2013 pukul 06.26 mengatakan...

katanya batu giok bisa ngambang diair itu benar atau tidak ya?

Anonim mengatakan...

tahan panas itu mistik bebatuan dibagian bumi manapun akan panas bila dibakar
tahan gores iya..tpi dgn logam yg lbih keras te2p bisa digores,nyatanya giok bisa dibentuk macam2
batu giok massa jenisnya lbih besar dripada air maka pasti akan tenggelam,kcuali giokny naik kapal

Anonim mengatakan...

terlalu banyak nonton sinetron pasti ngambang di air asal pakai rakit

Anonim mengatakan...

saya setuju batu giok asli itu tahan panas dan tahan gores, untuk membuktikannya :
- gegam batu giok tersebut dgn tgn kiri lalu nyalakan sebatang lilin.
- anda ambil sebilah pisau tajam dng tangan kanan lalu goreskan bibir tajam pisau tersebut ke atas lilin yg menyala,sampai apinya padam. saya jamin batu giok tersebut asli tahan panas dan tahan gores

Anonim mengatakan...

coba dijatuhkan!, saya pernah membeli giok berbentuk liontin di sangiran, tak lama saya beli cincin giok di sebuah mall. suatu hari saya coba jatuhkan batu giok yang liontin dari ketinggian se pundak saya, ternyata batu giok liontin itu tidak pecah,sedang batu giok yang cincin langsung pecah.saya tidak tahu penyebabnya apakah karena batu giok cincinnya itu palsu apa grade rendah,tapi menurut saya kalo batu asli memiliki keuletan alias dijatuhkan tidak pecah,beda dengan kaca yang tanpa dibanting jika jatuh sudah pecah

Anonim mengatakan...

Nemu batu seperti dari Dinasty China waktu bikin galian bangunan
Today 15:28
, kalau saya cocokin dengan keterangan yang ada diinternet, ciri-cirinya persisi sama dengan jenis batu giok, jumlahnya ada 3, berbentuk seperti pisau/golok, kemudian yang satu lagi berbentuk patung orang berkepala botak, dan yang satu lagi berbentuk lempengan empat persegi panjang, semua batu memiliki hiasan gambar dan tulisan-tulisan china dan memiliki aroma yang harum dan tidak hilang-hilang.
Nah foto yang ane pamerin disini ane ambil dari google( buat contoh ) karena ciri-cirinya persis kayak yang ada difoto, ane belum sempat foto batu yang ane nemu.
kalau ada agan yang lebih tahu dan ahli soal ini, boleh dong bagi-bagi infonya disini...thanks agan semuanya. lihat di kaskus http://www.kaskus.co.id/post/52ff2526bdcb170e098b4624#post52ff2526bdcb170e098b4624

Unknown on 21 Februari 2014 pukul 04.22 mengatakan...

Klo ga salah, batu seperti itu sering dijumpai pada saat menggali buat pondasi rumah karena batu yg tiga macam bentuk iti 1 set sengaja ditanam untuk tumbal/tolak bala oleh etnis tertentu yg mempercayainya.

Sticker Bogor on 26 Maret 2014 pukul 16.52 mengatakan...

ada yang jual giok asli?

jemmy K mengatakan...

Saya punya 1bj Giok bulat buat kalung,, cuman ragu" mao d jual.......

Unknown on 27 April 2014 pukul 13.42 mengatakan...

Saya punya gelang giok.. kalo gelap dia menyala apa lagi kalo disinari cahaya terlebih dahulu maka cahanya makin terang, kedua gelangnya tahan panas... kalo minat silahkan add fb saya... rizal eksjunkies assegaf... z tggl di makassar, maros

Unknown on 5 Juni 2014 pukul 07.12 mengatakan...

Terimakasi atas informasinya tentang batu giok saya merasa puas dengan artikel ini. dan jangan lupa untuk mampir baca artikel saya tentang:
4 Langkah Sederhana untuk Membedakan Batu Permata Asli dan Palsu
12 Ciri Ciri Tanah yang Mengandung Emas
Cara Membedakan Batu Akik Terbuat dari Kaca atau Batuan Alam

Pembeli Batu Bacan on 5 Juli 2014 pukul 08.54 mengatakan...

Mantap Infonya Gan...
Jadi Ngakak Lihat Komeng komeng nya lucu....

Anonim mengatakan...

Sy ad batu giok bentuk meja brat 40 kg warna hijau
Pin 795934c2

Unknown on 9 September 2014 pukul 23.43 mengatakan...

Saya jual batu giok. Alamat: jl.umar No. 15 Medan No HP:082370804888

Anonim mengatakan...

Saya jual giok asli aceh. Bahan bongkahan,gelang,cincin,mata cincin nmata kalung. Saya di aceh..PIN 7E962C96

Unknown on 22 Januari 2015 pukul 01.24 mengatakan...

ane punya 2 buah 1 sebesar BB onyx tp agak tebal berukiran tulisan cina kuno sisi satunya bergambar dewi kwan in...satu lagi ukuran 20x15 cm agak tebal juga berukiran cina kuno juga gak tau apa artinya dan sisi satunya lagi berukiran lelaki botak n gendut berlatar naga....klo di senter tembus n klo dipegang dingin....itu giok hasil galian sendiri masbro mau dimaharin....info bisa invite 2a9e3a9e atau sms 085776582736 klo mau gambar bisa lihat di fb ane PENJAGA PURNAMA atau pake email sikancil81@ymail.com...lengkap masbro

Unknown on 26 Januari 2015 pukul 22.48 mengatakan...

Untuk lebih memastikan kulitas giok yg anda miliki masuk kategori grade A, B atau C silahkan lakukan uji lab....dijamin anda akan lebih puas

Unknown on 7 Maret 2015 pukul 03.28 mengatakan...

Aku punya yg kotak ..yg minat. Blh

Unknown on 7 Maret 2015 pukul 03.29 mengatakan...

Aku punya yg kotak ..yg minat. Blh

adasda on 23 April 2015 pukul 19.59 mengatakan...

pak saya punya meja giok super minat kunjungi blog saya

http://kepodulu.blogspot.com/2012/06/kriteria-meja-giok-aslicriteria-of-jade.html

Anonim mengatakan...

Gelang Giok saya pecah
Numpang tanya apakah bisa disambung ya?

Unknown on 19 Januari 2018 pukul 12.53 mengatakan...

Sy punya batu dengan berat 8kg memiliki ciri2 seperti batu giok, dingin bahkan keluar embun saat pagi hari dan tahan gores paku

Posting Komentar

 

Site Info

Followers

Batu Mulia Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template